Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Friendly & Kenapa Dibutuhkan Oleh Website

Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Friendly & Kenapa Dibutuhkan Oleh Website

Banyak kali Anda mendengar istilah "SEO friendly" atau "SEO friendly website" tetapi apa artinya ini dan mengapa Anda memerlukannya? Bagaimana situs web yang Seo Friendly dapat membantu bisnis Anda tumbuh?

Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Friendly
Ini adalah pertanyaan yang akan saya coba jawab dalam posting ini dengan menghindari istilah teknis atau praktik dan teori SEO tingkat lanjut.


Apa Itu Situs Web SEO Friendly?

Apa itu situs web SEO Friendly? Situs web yang SEO friendly adalah situs web yang mudah bagi mesin pencari untuk menjelajah dan memahami struktur dan kontennya.

Namun menurut beberapa pakar SEO, Situs Web yang SEO Friendly bukan hanya ditujukan untuk mesin pencari saja, tapi juga ditujukan untuk memeberikan kepuasan kepada pengunjung blog yang sedang membaca atau melihat-lihat isi konten yang ada dalam website kita. Maka jika kita gabungkan kedua pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Situs Web Seo Friendly adalah situs yang strukturnya mudah dipahami oleh mesin pencari dan isi kontennya disukai oleh pengunjung atau pembaca.

Website yang disenangi oleh pengunjung tentu juga akan disukai oleh google. Hal ini merupakan sistem yang juga digunakan oleh google untuk menentukan rangking suatu situs blog. Blog site yang memiliki banyak klik pada pencarian dan meluangkan banyak waktu untuk berlama-lama dalam situs tersebut.

Karakteristik paling penting dari situs web SEO friendly adalah


# 1 - Memiliki judul dan Deskripsi Unik untuk semua halaman

Setiap halaman situs web (termasuk halaman utama) memiliki judul dan deskripsi yang unik.

Judul-judulnya antara 60-65 karakter dan deskripsinya adalah aprx 150 karakter. Judul dan deskripsi secara akurat menjelaskan tentang halaman apa tanpa kata kunci.

Anda bisa menambah referensi tentang deskripsi web secara lengkap di artikel sebelumnya tentang Cara Memasang dan Memaksimalkan Meta Deskripsi Blogger

# 2 - URL yang diformat dengan baik - URLS

Tautan atau siput permanen (yaitu url halaman web) bersifat deskriptif, semuanya huruf kecil dan dipisahkan oleh tanda hubung.

# 3 - Memuat halaman web dengan cepat

Baik orang maupun mesin pencari menginginkan situs web yang lambat dimuat. Sebaliknya, situs web pemuatan cepat bersifat SEO friendly (artinya mereka memiliki keunggulan dalam menentukan peringkat algoritma di situs web yang lebih lambat) dan menghasilkan lebih banyak interaksi pengguna (penjualan, pendaftaran buletin, pengiriman formulir kontak, dll.). Salah satu cara untuk mempercepat loading blog Adalah defer image dengan lazy load

# 4 - Konten Unik

Konten di situs web tidak ditemukan di tempat lain di web, semua halaman memiliki konten yang unik dan bermanfaat. Ini berarti sebuah situs web tidak Seo Friendly jika memiliki konten yang disalin dari situs web lain.

# 5 - Optimasi Gambar

Mesin pencari lebih suka teks yang sebenarnya, tetapi Anda juga perlu memiliki gambar ke halaman Anda karena orang-orang menyukainya, itu membuat konten Anda lebih menarik, lebih mudah dibaca, bisa dibagikan dll.

Ketika Anda melakukannya, pastikan bahwa gambar dioptimalkan, ingat untuk selau melakukan compress jika perlu agar ukuran gambar tidak membiuat loading blog jadi lambat.

Jangan lupa untuk selalu memasang Atribur Alt teks pada gambar yang Anda masukkan dalam artikel.

# 6 - Halaman Memiliki Struktur Yang Jelas

Halaman web biasanya memiliki elemen-elemen berikut:
  • Header
  • Menu Navigasi (about, Disclaimer, Privacy Policy, TOS, Sitemap)
  • Breadcrumbs
  • Judul Halaman (itu adalah tag H1 - hanya ada satu per halaman)
  • Teks yang diformat dengan baik - teks dipisahkan menjadi sejumlah paragraf pendek dengan subjudul
  • Informasi penulis
  • Widget Sidebar (Popular Post, Recent Post, Label)
  • Footer


Mengapa Anda Memerlukan Situs Web SEO Friendly?

Sesuatu yang tidak mudah dipahami oleh sebagian besar CEO, pemilik usaha kecil, atau webmaster baru adalah mengapa Anda memerlukan situs web yang Seo Friendly dan mengapa berupaya membuat situs web Anda lebih ramah terhadap mesin pencari dan memuaskan pelanggan / pembaca / pengunjung web.

Yah, alasannya banyak tetapi yang perlu Anda ketahui adalah:

# 1 - Peningkatan lalu lintas organik (yaitu lalu lintas dari mesin pencari)

Seperti yang diharapkan, situs web yang Seo Friendly akan memberi Anda lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari karena cenderung berjalan lebih tinggi di SERPS (halaman hasil mesin pencari).

Jika Anda mempertimbangkan bahwa mayoritas orang yang menggunakan kotak pencarian cenderung memilih salah satu dari 5 hasil pertama, Anda dapat memahami pentingnya SEO.

# 2 - Ini akan membuat situs web Anda Menjadi User Friendly

SEO tidak hanya untuk mesin pencari tetapi SEO yang baik juga untuk pengguna / visitor. Menerapkan prinsip-prinsip SEO ke situs web Anda, akan membuatnya lebih mudah digunakan dan ini akan meningkatkan pengalaman pengunjung blog.

# 3 - Ini memberi Anda Brand credibility

Pengguna lebih cenderung mempercayai situs web (bisnis) yang ditemukan di halaman pertama Google, Bing atau Yahoo. Ini bagus untuk Brand awarness dan brand credibility. Makanya, jika ingin websitenya mendapatkan kepercayaan tinggi dari visitot, sering-srtinglah tampil pada halaman pertama pencarian google. Dan untuk masuk dalam halaman depan pencarian google, Anda memerlukan situs yang Seo Friendly.

# 4 - Hemat biaya

Situs web SEO akan mengarahkan lalu lintas bertarget 24x7 tanpa perlu mengeluarkan uang untuk PPC atau bentuk iklan online lainnya. Meskipun ada biaya untuk mencapai titik itu, manfaat jangka panjangnya lebih besar.

# 5 - Membantu Memahami Keinginan Pembaca / Pelanggan

Ini membantu Anda memahami apa yang diinginkan pelanggan terpenting Anda.
SEO mendorong lalu lintas berkualitas dan dengan menganalisis perilaku pengguna tersebut (bagaimana mereka memasuki situs web Anda, apa yang mereka klik, bagaimana mereka pergi, apa yang mereka sukai, dll.) Adalah cara yang bagus untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan Anda dan menyesuaikan situs web atau produk Anda agar sesuai kebutuhan - kebutuhan mereka.

# 6 - SEO Sangat di Butuhkan Untuk Perangkat Mobile

Sebuah situs web Mobile SEO Friendly dan memiliki peringkat yang bagus pada pencarian seluler dapat memperoleh lebih banyak pelanggan dan lalu lintas yang situs webnya tidak Seo Friendly seluler.

Semakin banyak pengguna menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi atau produk saat bepergian, penting untuk berada di atas hasil pencarian jika tidak Anda kehilangan pelanggan karena persaingan, terutama mereka yang mencari produk atau layanan lokal. Maka menerapkan Seo dalam perangkat mobile akan membuat web Anda menjadi Mobile Friendly


Kesimpulan
Sebuah situs web yang Seo Friendly memiliki fitur dan karakteristik tertentu yang membantu mesin pencari memahami apa itu semua situs web dan ini meningkatkan peluang untuk mencapai peringkat yang lebih baik di SERPS.

Keuntungan terpenting dari memiliki situs web yang Seo Friendly adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik yang ditargetkan dari mesin pencari.

Demikian artikel kali ini tentang Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Friendly & Kenapa Web Anda Membutuhkan SEO. Terima kasih
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed