Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Daftar dan Instal Widget Disqus Di Blog

Cara Daftar dan Instal Widget Disqus Di Blog

Disqus merupakan sebuah terobosan baru di dunia blogger. Bagaimana tidak, saat ini, hampir semua blogger sudah memasangkan widget disqus sebagai sarana komentar blog. Wajar saja, ini karena disqus memang memiliki fitur dan tampilan yang sangat baik dan juga sebagai salah satu jaringan sosial sebagai sarana diskusi sehingga banyak yang telah menerapkannya sebagai kolom komentar.

Disqus adalah sebuah layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blog Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya.

cara daftar dan pasang widget disqus



Selain itu, untuk pengaturan secara manual, Disqus bisa diintegrasikan dengan jenis CMS seperti Drupal, Joomla, Squares pace, Yola/SythaSite, DokuWiki, Storytlr, Sweetcron, Sandvox dan Chimp. Tidak heran berbagai situs menganggap diskusi melalui dunia maya juga harus diperhitungkan kekuatannya, karena internet sejak kemunculannya hingga kini telah menjadi media komunikasi yang interaktif, yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah. Pengguna internet di Indonesia tahun 2009 saja telah mencapai lebih dari 25 juta orang, dan diperkirakan akan meningkat sebanyak 25% setiap tahunnya. Maka dari itu kehadiran Disqus disambut baik oleh sekian banyak situs beserta penggunanya. (Source:wikipedia)

Cara Mudah Daftar Akun Disqus

Lantas bagaimanakah cara penerapannya ataupun penginstalannya pada blog kita. Yang perlu di perhatikan pertama kali adalah cara mendafatkan akun disqus. Apakah mebuat akun disqus ini sulit?, sama sekali tidak sulit asal Anda mau memperhatikan secara seksama tutorial berikut ini.

1.  Silahkan daftar/signup akun disqus situs resminya https://disqus.com/

2.  Setelah itu Anda akan masuk pada tampilan seperti gambar dibawah ini

cara daftar dan pasang disqus blogger


3.  Klik "GET STARTED" untuk memulai membuat akun disqusnya. Ada dua pilihan "Get Started" yang terdapat pada gambar, silahkan piliah salah satunya karena semuanya mengarah pada halaman yang sama.


4.  Dihalaman berikutnya setelah masuk akan muncul gambar seperti dibawah ini:

widget disqus blogger

Pada gambar ini terdapat 3 pilihan signup atau cara mendaftar yaitu masuk melalui akun facebook, twitter atau melalui akun google. Anda bisa juga mendaftar dengan mengisi kolom isian yang kemuadian meminta Anda untuk melakukan verifikasi melaui email. Silahkan Anda memilih cara signup Anda sendiri. Kalau saya lebih menyarankan untuk melakukan pendaftaran dengan akun gmail.

5.  Selanjutnya, setelah signup maka Anda akan dibawa menuju kehalaman seperti pada gambar dibawah ini
disqus for blogger


Pada halaman ini muncul 2 pilihan yaitu, "I want to comment on sites" dan "I want to instal disqus on my sites". Silahkan pilih yang bawah "I wabt to instal disqus on my sites".


6. Halaman berikutnya silahkan masukkan nama site disqus dan juga pilih kategori site Anda.

cara daftar disqus terbaru


Silahkan Anda isikan nama site untuk nama disqus Anda. Nama ini nantinya akan muncul pada komentar disqus sebagai nama sitenya.


7.  Selanjutnya, di halaman berikutnya akan muncul halaman "Select a plan" seperti pada gambar dibawah ini

daftar akun disqus di blogger

Pada tahapan ini, pilih "Continue on Basic".


8.  Berikutnya seletah memilih "continue on basic", kita masuk pada halaman selanjutnya seperti pada gambar dibawah ini

instal widget disqus

Sekarang Anda berada pada halaman yang menyuruh Anda untuk memilih jenis situs flatform yang ingin kita instalkan widget disqusnya. Langsung saja pilih logo blogernya


9.  Selanjutnya setalah memilih flatform sites, akan muncul pilihan seperti gambar di bawah

pasang komentar disqus diblogspot

Silahkan pilih yang nomor 1, maka Anda akan menuju ke halaman seperti gambar di bawah ini

pasang komentar disqus diblogger

Silahkan klik Add Widget agar widget disqusnya terinstal di blog lalu refresh halaman blogger Anda dan lihat hasilnya. Sampai disini, jika ingin agar komentar Disqus Anda valid HTML5, silakan baca Cara Pasang Komentar Disqus Terbaru Valid HTML5

Jika masih ada yang kurang jelas, dilanjutkan pada komentar. terimaksih
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed