Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Memasang dan Memaksimalkan Meta Deskripsi Blogger

Cara Memasang dan Memaksimalkan Meta Deskripsi Blogger

Meta Deskripsi atau Meta Description adalah salah satu elemen penting dalam kode HTML halaman web yang menyampaikan informasi atau keterangan singkat tentang konten sebuah halaman yang dimunculkan pada halaman pencarian google dan search engine lainnya seperti bing, yandex, duck duck go dll.

Dengan menggunakan meta deskripsi secara benar dan menempatkannya sesuai dengan standar SEO, maka kemungkinan mesin pencari akan memberikan nilai plus pada halaman web Anda. Dan jika search engine menyakai konten Anda, maka bisa saja halaman Anda akan bisa berada di puncak pencarian atau berada di halaman depan.

Optimasi Meta Deskripsi Blogger
Dengan memberikan deskripsi singkat tentang konten halaman dalam hasil pencarian, Anda dapat membuat pengunjung melakukan klik terhadap situs Anda. Namun untuk meta deskripsi ini, perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam penggunaannya.

Meskipun pengunjung situs web tidak dapat melihatnya secara langsung, namun mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, Yahoo dll  menggunakannya untuk menampilkan halaman web dalam hasil pencarian.

Efek positif dari deskripsi meta tag yang baik

Pada permulaan tentang optimasi mesin pencari (SEO), kata kunci yang dimasukkan dalam deskripsi meta adalah faktor peringkat penting untuk mesin pencari seperti Google. Namun, ini menyebabkan semakin banyak pemilik situs web mengisi meta description mereka yang penuh dengan kata kunci.  Oleh karena itu, Google memutuskan pada 2009 bahwa deskripsi meta seharusnya tidak lagi memengaruhi peringkat situs web.

Meskipun demikian, mengoptimalkan deskripsi meta Anda adalah tugas penting dalam SEO dan pemasaran online, karena memiliki dampak signifikan pada click-through rate (CTR) halaman Anda dalam hasil pencarian. CTR adalah rasio antara tayangan halaman untuk permintaan pencarian tertentu dan klik aktual pada halaman. Dengan memanfaatkan deskripsi postingan, maka akan mempermudah Anda menampilkan isi konten secara singkat dan mengundang klik yang banyak.

Secara otomatis, hsl ini tentunya memiliki dampak positif tentang bagaimana Google mengevaluasi halaman web Anda. Google menganggap halaman jauh lebih relevan jika sering diklik dan jika pengguna menghabiskan banyak waktu di sana. Dengan demikian, deskripsi meta yang baik secara tidak langsung dapat meningkatkan peringkat halaman web di Google dan karenanya juga relevan untuk optimasi mesin pencari (SEO).

Cara Optimasi Meta Deskripsi

Untuk meningkatkan rasio klik-tayang situs web Anda dalam SERP, Anda harus memilih deskripsi meta Anda dengan cermat. Yang paling penting harus memberikan deskripsi konten halaman yang ringkas dan mudah dipahami. Bahkan jika kata kunci dalam meta description Anda tidak memengaruhi peringkat dan SEO Anda, yang paling penting tetap harus dimasukkan, karena istilah yang dicari pengguna disorot dalam cuplikan hasil di Google. Dengan demikian, meta-deskripsi yang memasukkan kata kunci terpenting dapat menghasilkan tingkat perhatian yang tinggi. Namun, kata kunci harus digunakan dalam kalimat yang bermakna dan tidak dimasukkan ke dalam deskripsi Anda secara tidak jelas.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan CTR jika deskripsi meta Anda menyertakan ajakan untuk bertindak (membeli, membaca, membandingkan, mengunduh, dll.) Dan dengan demikian mendorong pengguna untuk mengunjungi halaman Anda. Misalnya, jika Anda memiliki toko online, akan efektif untuk membangkitkan minat pengguna dengan tambahan "Pesan sekarang!".

Dengan menggunakan karakter khusus seperti hati, kaitan, atau simbol lain, Anda dapat menarik perhatian tambahan ke cuplikan hasil Anda di Google. Tetapi jangan gunakan terlalu banyak seperti sebaliknya, perusahaan Anda mungkin tampak meragukan.

Selain itu, Anda harus menentukan deskripsi meta untuk setiap halaman situs web Anda. Dengan memberikan deskripsi yang akurat dan terkait konten, Anda dapat menjelaskan kepada pengguna mengapa halaman web Anda relevan dengan masalah spesifik mereka. Namun, jika terlalu lama untuk membuat deskripsi yang baik dan unik untuk setiap subhalaman, lebih baik untuk tidak menentukan deskripsi meta sama sekali. Dalam hal ini, Google sebagian besar menggunakan kutipan teks atau snippet dari halaman Anda sebagai deskripsi, yang berisi istilah pencarian pengguna. Ini lebih menarik perhatian pada cuplikan hasil Anda daripada teks default berulang.

Mengenai panjang deskripsi meta Anda, Anda harus mencatat bahwa Google menampilkan sekitar 500 pixel dalam potongan hasil pencarian. Itu sesuai dengan maksimal 160 karakter. Jika Anda melebihi angka ini, teks akan dipersingkat dengan "(...)" dan pengguna tidak akan mendapatkan informasi lengkap tentang konten halaman Anda. Selain itu, Anda harus mengutamakan kata-kata pertama dari deskripsi Anda, karena ada lebih sedikit ruang untuk menampilkannya di smartphone.


Meta Tag Deskripsi SEO Friendly Blogspot

Berikut ini adalah penerapan meta deskripsi yang benar dan otomasits SEO untuk halaman home dan halaman postingan.

Sebelumnya, check pada tempalte Anda, apakah meta description sudah terpasang dengan benar. Atau contohnya seperti ini pada template blog
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
Jika belum, silakan pastekan kode dibawah ini dibawah kode <head> atau &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt;
<b:if cond='data:view.isMultipleItems'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description' />
<b:elseif cond='data:view.isSingleItem' />
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description' />
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.title' name='description' />
</b:if>
</b:if>
Atau Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang Pasang Meta Tag SEO Friendly 2019 Valid HTML5 Untuk Blogger untuk info selengkapnya tentang tag meta blogger.


Meta Deskripsi Halaman Depan / Home

Sebelum memasangnya pada blog, pastikan terlebih dahulu apakah Anda sudah mengaktifkan meta deskripsi penelusuran pada blog Anda. Jika belum, silakan aktifkan terlebih dahulu, Caranya :
Pada menu blogger, masuk ke pengaturan/setting ➤ Search preferences ➤ Klik Description ➤ Pilih Yes


Optimasi Meta Deskripsi Blogger


Setelah memilih "Yes" maka akan muncul sebuah isian untuk deskripsi blog seperti gambar dibawah ini

meta description blogger
Silakan isi sesuai dengan isi konten pada blog Anda. Misalnya,  blog Anda adalah blog tentang kesehatan maka bisa mengisi seperti ini : "Blog Seputar Kesehatan". 
Pengisian ini sebagai meta description pada halaman depan atau homepage blog. Kita ambil contoh pada blog saya yang saat ini Anda kunjungi. Pada halaman Meta Deskripsi, saya mengisikan pada formnya yaitu "Blog tentang optimasi SEO, tutorial dan tips blog, design blog, tutorial windows, linux dan android". atau seperti pada gambar dibawah ini

meta description blogger

Dan hasil penelusuran pada mesin pencari google nampak seperti ini:

meta description blogger
Nah, sekarang mungkin Anda sudah bisa mengerti tentang penggunaan deskripsi meta pada halaman homepage. Maka selanjutnya kita Akan menuju settingan deskripsi halaman Postingan.


Optimasi Meta Description Postingan Blog

Setiap akan melakukan postingan, pastikan Anda telah mengisi deskripsi penelusuran dengan benar. Gunakanan bahasa / kata / kalimat yang mudah dipahami oleh mesin pencari dan juga pengunjung blog.

Pada halaman posting silakan klik pada bagian "Search Description" dan isi sesuai dengan isi postingan Anda. Gunakan karakter khusus agar lebih menarik.

optimasi meta deskripsi blogger


Berapa Panjang Meta Deskripsi Agar SEO?

Jika Anda pernah menggunakan tool SeoQuake browser toolbar, pada bagian meta deskripsi jika kita menulis deskripsi kurang dari 160 kata maka akan terdapat pesan "Most optimal 160 - 300 characters". 

Padahal sebenarnya google sendiri menyarankan untuk menulis deskripsi meta tidak lebih dari 150 karakter. Karena sekalipun kita menulis banyak kata atau karakter, misalkan saja kita menulis sekitar 180 karakter, meta deskripsi yang terbaca pada mesin pencari hanya sekitar 130an karakter atau sekitar 20an kata saja atau akan dipersingkat dengan tanda tiga titik (... ) seperti pada contoh dibawah ini

cara pasang meta deskripsi

Pada gambar diatas, jumlah karakter yan terdeteksi adalah 129 dan jumlah kata 19. Jumlah kata dan karakter kuga terpotong oleh adanya penambahan tanggal didepan deskripsi. Anda bisa memaksimalkan meta ini dengan menghilangkan tanggal postingan blog sehingga kalimat deskripsi bisa sedikit bertambah panjang.

Jika Anda menggunakan blogger versi terbaru, maka tentunya Anda sudah bisa melihat berapa batas jumlah kata dan karakter yang bisa digunakan pada kolom isian Search Description terbaru dari menu editor post blogger. 


Kesimpulan

Setelah melihat beberapa contoh, baik itu pada deskripsi home maupun pada postingan, maka ada beberapa point penting yang harus Anda perhatikan sebelum memasangnya:
  • Pastikan tag meta deskripsi sudah terpasang pada template Anda
  • Berikan deskripsi konten halaman yang ringkas dan mudah dipahami.
  • Integrasikan kata kunci utama ke dalam kalimat dalam deskripsi meta.
  • Gunakan kalimat ajakan bertindak.
  • Jika perlu, gunakan karakter khusus.
  • Buat deskripsi meta unik untuk setiap halaman.
  • Jangan melebihi panjang 160 karakter.

Untuk Menghitung jumlah karakter dan kata, silakan anda gunakan tools word counters  pada blog ini

Demikian postingan kali ini tentang bagaimana caranya Memasang dan memaksimalkan meta deskripsi postingan blogger. Jika ada yang masih kurang jelas, silakan lanjutkan di kotak komentar.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed