Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Konversi [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Cara Konversi [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Merubah format sebuah drive baik itu harddisk maupun flashdisk atau drive lain yang biasa digunakan sebagai penyimpanan dari FAT32 ke NTFS atau sebaliknya tanpa kehilangan data / format mungkin akan terdengar mudah bagi Anda yang terbiasa mengandalkan software khusus untuk mengatasi masalah ini.

Namun tahukah Anda bahwa tanpa software sekalipun kita dapat merubah file format drive [harddisk / flashdisk/ Memory Card] yang kita miliki hanya dengan menggunakan trik khusus dengan bantuan Command Promt (CMD), dan trik inilah yang akan saya bagikan pada tutorial windows kali ini, yaitu tentang mengkonversi FAT32 ke NTFSatau sebaliknya.

Kenapa merubah FAT32 ke NTFS?
Ketika kita ingin membuat FD bootable untuk penginstalan windows dan juga ketika akan melakukan pemindahan file yang besarnya lebih dari 4GB dan jenis format disk yang kita gunakan adalah FAT32 / FAT maka pasti akan terdapat pesan "file too large for the destination file system". FAT32 memiliki batas maksimum untuk file yang bisa dicopy hanya dibawah 4GB sementara untuk NTFS bisa menerima file lebih dari itu. Inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa merubah format drive yang tadinya menggunakan system file FAT / FAT32 ke NTFS.


Apakah bisa mengonversi FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data?
Umumnya, merubah file system FAT32 / FAT ke NTFS dilakukan dengan cara format. Karena dalam format akan muncul pilihan jenis file system yang ingin digunakan. Ada 3 pilihan yaitu FAT32, exFAT dan NTFS. Sangat disayangkan jika harus melakukan format jika terdapat banyak data penting dalam drive kita. Untuk merubah file tersebut tanpa format, silakan ikuti instruksinya dibawah ini:

Cara Convert / Mengganti FAT32 ke NTFS Tanpa Format

Sekarang kita menuju keprakteknya. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Masukkan USB yang ingin diformat pada slot USB PC / Laptop Anda.

2. Lihat / perhatikan letak lokasi USB drive yang ingin Anda ubah formatnya

3. Sekarang buka Aplikasi CMD dengan mode "run as administrator".

4. Ketikkan pada CMD "chkdsk g: /f " (tanpa tanda petik).
Ubah g sesuai dengan drive letter yang ingin Anda ubah
Cara Convert [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Format

Keterangan :
g adalah Drive Letter yang akan anda convert. (misal flashdisk saya pada Drive g). "chkdsk g: /f " berfungsi untuk cek disk dari error dan otomatis memperbaiki error tersebut.
Cara Convert [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Format


5. Jalankan perintah "Convert G: /FS:NTFS" (tanpa tanda petik dan G adalah drive letter flashdisk / hardisk pada komputer anda),

Cara Convert [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Format

6. Command Prompt akan mengeksekusi perintah dan memulai Convert FAT32 ke NTFS Tanpa Format. Tunggu Sampai proses Convert FAT32 ke NTFS  selesai.
Cara Convert [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Format

7. Selasai, sekarang Anda bisa cek di "properties" pada flashdisk / hardisk melalui Properties untuk mengetahui apakah file systemnya sudah berubah ke NTFS.


Cara ini juga berlaku sebaliknya, jika ingin merubah dari NTFS kembali ke FAT32. Caranya tinggal merubah kodenya saja menjadi seperti ini:
Convert G: /FS:FAT32

Demikian tutorial kali inmi tentang Cara Convert [Merubah] FAT32 ke NTFS Tanpa Format sehingga tidak perlu khawatir kehilangan data. Semoga bermanfaat. Terima kasih
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed