Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Situs Short URL Terbaik Untuk Memperpendek Link

Situs Short URL Terbaik Untuk Memperpendek Link

 Mungkin Anda pernah melakukan share link pada sebuah media sosial. Katakanlah Facebook. Anda mungkin bisa melihat link web Anda yang panjang tidak terbaca sepenunya karena karakter ataupun jumlah katanya terlalu banyak.

Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa link yang panjang tersebut bisa dipersingakat, dipendekkan atau dipotong hingga menjadi link yang singkat dan lebih mudah diingat dan tentunya akan terlihat lebih profesional. Untuk melakukan itu dibutuhkan tool online atau website khusus penyedia layanan pemendek link. Dan daftarnya sudah saya buat lengkap pada artikel ini.
Situs Short URL Terbaik Untuk Memperpendek Link


Apa itu Situs Short URL

Situs Short URL adalah sebuah situs yang memiliki tool online untuk mengubah link yang panjang menjadi pendek. Memendekkannya bukan berarti link tidak akan berfungsi atau menjadi "broken link" Namun ketika link di klik, link akan tetap mengarah kelink pertama yang panjang dan sama sekali tidak mempengaruhi link aslinya. Jadi dalam hal ini tidak ada yang berubah, link hanya diperpendek dengan mengubah karakter saja (menyesuaikan dengan tool online yang digunakan).

Daftar Short URL Terbaik 2020

Ada Begtu banyak situs Short URL yang bisa dijumpai. Namun jika Anda bingung, disini saya sudah mengunpulkan daftarnya untuk Anda.

1. Bitly

Short URL terbaik Untuk Memeperpendek Link
Bitly adalah penyingkat URL kelas bisnis layanan lengkap. Jika kebutuhan Anda sederhana, Anda dapat menggunakannya secara anonim untuk mempersingkat URL yang panjang dan siap digunakan. Tetapi Bitly sangat menonjol karena penawaran bisnisnya.

Bagian dari daya tariknya adalah Bitly sangat sederhana dan mudah digunakan. Ini memiliki dasbor komprehensif tempat Anda dapat melacak lebih dari 20 titik data reak time, termasuk lokasi pengunjung Anda, pembagian organik, dan banyak lagi. 

Dengan akun terbatas gratis Bitly, Anda dapat menyesuaikan bagian belakang URL singkat Anda, melacak tingkat klik, dan mendapatkan informasi tentang perujuk teratas Anda, tetapi hanya untuk 1.000 tautan non-merek per bulan. Ini adalah paket gratis yang murah hati dan mungkin cukup memadai untuk beberapa bisnis kecil.  

 Paket Dasar menyediakan domain khusus gratis, memungkinkan Anda membuat 1.500 tautan per bulan, dan menampilkan lebih banyak data tentang siapa yang mengeklik tautan Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak dari Bitly, ada tingkat harga khusus tambahan untuk pengguna perusahaan.

Bitly adalah penyingkat URL terbaik untuk bisnis besar yang mencari merek dan melacak tautan, dan ini adalah pilihan tepat untuk bisnis kecil yang ingin membuat URL pendek dan mengikuti statistik mereka untuk sejumlah kampanye sederhana.

2. Rebrandly

Short URL terbaik Untuk Memeperpendek Link
Meskipun Rebrandly adalah penyingkat URL seperti yang lain, daya tariknya sedikit unik. Rebrandly percaya bahwa merek, baik itu produk atau orang, mendapatkan nilai dari menyesuaikan tautan ke konten yang mereferensikannya dari seluruh web. Paket gratis mereka menawarkan lima domain khusus, yang paling banyak di daftar kami.

Misalnya, Bob Vila dapat menyesuaikan tautan ke entri Wikipedia miliknya dari en.wikipedia.org/wiki/Bob_Vila ke BobVila.Tools/wikipedia. Tautan ke salah satu bukunya di Amazon bisa jadi BobVila.Tools/amazon-book. Vila dapat menggunakan tautan ini di situs, kartu nama, atau iklannya sendiri. Rebrandly menyertakan alat untuk melacak popularitas setiap tautan dan pembuatan kode QR otomatis juga. Jika Rebrandly lebih dari yang Anda butuhkan, is.gd juga berfungsi untuk pembuatan QR.

3. S.id

Shortlink tool terbaik
Jika Anda memerlukan layanan pemendekan tautan sederhana, Anda dapat mempertimbangkan Pemendek URL Lokal yang dibuat oleh PANDI yaitu S.id.
Seperti Bit.ly, kita tidak perlu mendaftar dulu untuk mempersingkat link. Namun, jika Anda menginginkan fitur tambahan, S.id memiliki akun gratis yang lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi.

Dengan panel S.id, kita dapat dengan mudah membuat URL singkat dengan menempelkan link di kolom yang tersedia. Nantinya, nama link tersebut bisa diubah agar unik dan mudah dibaca.
Tidak hanya itu, shortened link yang dibuat dilengkapi dengan tracker sehingga kita bisa melihat statistik link tersebut, seperti jumlah kunjungan dan jumlah unique visitor.
Untuk keamanan akun anda tidak perlu khawatir karena S.id telah menyelesaikan semua koneksi dengan SSL (HTTPS) sehingga orang lain tidak dapat memproses link tersebut dengan mudah.

4. Tiny URL

tiny url shortlink url
Penyingkat URL gratis TinyURL telah ada sejak 2002. Ini adalah alat yang berguna saat Anda sedang terburu-buru dan perlu membuat shortlink yang tidak akan pernah kedaluwarsa. TinyURL dapat menyarankan URL yang lebih pendek untuk Anda, atau Anda dapat menyesuaikan hasilnya.

TinyURL juga menawarkan bookmarklet, sepotong kecil javascript yang Anda tambahkan ke bilah alat browser web Anda yang menghasilkan tautan pendek dari laman web dengan mengeklik tombol. Ini kemudian membawa Anda kembali ke TinyURL tempat Anda mengambil tautan. Meskipun TinyURL sepenuhnya gratis dan anonim untuk digunakan, TinyURL tidak berisi laporan atau informasi apa pun tentang tautan Anda dan tautannya.

5. T2M

t2m shortlink
T2M adalah penyingkat URL layanan lengkap lainnya yang menampilkan dasbor aktivitas dan statistik pelacakan lalu lintas. Ini memiliki dua dasbor, satu untuk informasi lokasi dan satu untuk perangkat dan platform, yang dirancang dengan baik dan mudah dibaca. Saat Anda memutar URL, T2M juga secara otomatis menghasilkan kode QR — sentuhan yang bagus jika Anda membutuhkannya.

T2M memiliki paket Dasar terbatas yang memerlukan biaya satu kali untuk mendaftar, ditambah langganan berbayar bagi mereka yang membutuhkan lebih. Paket gratis tidak membatasi jumlah URL yang dapat Anda buat, atau berapa banyak klik yang dapat Anda lacak. Ini juga memberi Anda alat bawaan untuk berbagi URL yang dipersingkat di situs jejaring sosial. 

Paket Standar cocok untuk bisnis kecil: paket ini menambahkan URL bermerek dan cantik, URL yang dilindungi sandi, alat untuk mempersingkat sejumlah URL sekaligus ("pengubah massal"), kemampuan untuk menambahkan satu domain kustom, dan beberapa fasilitas tambahan. 

Paket tingkat yang lebih tinggi menyertakan lebih banyak fitur dan peningkatan batas pada hal-hal seperti berapa banyak URL yang dapat Anda buat setiap bulan dan jumlah klik atau pengalihan yang diizinkan per bulan. T2M adalah penyingkat URL yang mumpuni untuk bisnis yang menginginkan dasbor menyenangkan dan pembuatan kode QR otomatis.

6. Shorby

Shortlink terbaik 2020
Shorby bukanlah penyingkat URL biasa. Daripada hanya mempersingkat URL yang panjang, Shorby telah dirancang dengan mempertimbangkan aturan "satu tautan di bio" Instagram. Saat ini para kreator Instagram kerap mengupdate link bio-nya dengan URL singkat baru untuk mengarah ke konten baru, episode podcast, upload YouTube dan lain sebagainya. 

Shorby berharap dapat mengganggu perilaku ini dengan menyediakan "profil" URL singkat yang dapat disesuaikan yang dapat diperbarui. Jadi, alih-alih mengubah URL singkat di bio Instagram Anda, Anda cukup menambahkan konten terbaru Anda ke Shorby dan membiarkan tautan apa adanya.

Layanan ini memiliki beberapa trik lain. Anda dapat membuat kotak klik untuk panggil untuk platform komunikasi populer, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, atau nomor telepon lama biasa. Anda juga dapat menambahkan tautan ke konten web di Blocks, yang sangat cocok jika Anda adalah pembuat yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan konten yang dihosting di tempat lain di web. Anda bahkan dapat melacak analitik untuk tautan Shorby Anda, seperti yang Anda lakukan dengan layanan pemendekan URL lainnya. 

Sayangnya shorby tidak gratis, dan jumlah yang akan Anda bayarkan bergantung pada jumlah konten yang ingin Anda tampilkan.

7. Is.gd

Shortlink terbaik 2020
Is.gd adalah situs pemendek URL dengan antarmuka yang sangat sederhana. Untuk menggunakannya kita tidak perlu mendaftar dulu dan link yang kita buat pasti ada dan tidak akan expire.
Meskipun Anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu, kami dapat melihat statistik untuk tautan singkat yang telah kami buat. 

Cukup centang opsi "Rekam statistik untuk tautan ini" saat Anda melakukan hubungan arus pendek pada tautan tersebut. Statistik tautan dapat dilihat dengan menambahkan tanda hubung (-) di akhir tautan, seperti https://is.gd/dewplokis-.

Salah satu hal kerennya adalah ia juga dapat menampilkan tautan yang dipersingkat dalam bentuk kode QR. Anda dapat melihat opsi untuk membuat kode QR setelah membuat tautan pendek.

8. Cutt.ly

Short URL terbaik untuk memperpendek link
Alat pemendek URL gratis terbaik untuk dicoba adalah Cutt.ly. Meskipun dapat digunakan tanpa mendaftar terlebih dahulu, ada baiknya untuk membuat akun untuk menguji semua fiturnya.
Sebagai tool gratis, Cutt.ly memiliki cukup fitur untuk penggunaan pribadi. 

Selain menyediakan statistik yang komprehensif, Cutt.ly juga dapat digunakan untuk membuat tautan khusus dan kode QR. Tautan yang dibuat dapat dibedakan untuk memudahkan pengelolaan.

Untuk mempersingkat link dengan mudah, Cutt.ly juga menyediakan tombol bookmark. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan pemendek tautan langsung dari browser Anda.

9. Dik.si

shortlink terbaik untuk bisnis 2020
Satu lagi shortlink yang dimiliki oleh Indonesia yakni dik.si. Tampilannya sudah sangat luar biasa untuk sebuah layanan pemendek URL. Tidak perlu melakukan register atau mendaftar, kita bisa langsung memasang link pada kotak yang sudah disedikan dan melakukan proses short URL.  

Namun jika ingin mendapatkan fitur lebih, sebaiknya mendaftar dan nikmati fitur -fitur lain yang disediakan oleh layanan pemendek URL asal Indonesia ini. Seperti melihat statistik jumlah klik link yang sudah diperpendek dll.

10. Adtival

short url terbaik 2020
URL pintasan lain ke situs yang dapat Anda coba adalah Adtival. Tidak seperti semua penyingkat URL di daftar ini, Adtival akan membayar Anda setiap kali seseorang mengklik link pendek yang kami buat.
Komisi yang diperoleh dihitung berdasarkan klik unik dari sebuah alamat IP. 

 Untuk trafik Indonesia, kita akan mendapatkan $ 3.30 untuk setiap 1000 tampilan unik. Dana yang terkumpul selanjutnya dapat dicairkan melalui bank, Paypal atau OVO.

11. RB.gy

Rb.gy short url tool
Rb.gy adalah sebuah tool online penyingkat Link / URL. Tool ini masih terbilang baru. Namun jangan salah, sekalipun masih baru namun tool ini memiliki fitur yang tidak kalah hebat dengan short link tool lainnya. 

Selain memiliki fitur free yang artinya kita bisa langsung memendekkan URL dengan mempastekan link dalam kotak yang sudah disediakan, namun juga RB.gy memiliki fitur premium yang sama dengan tool lainnya yaitu fitur pekacakan lokasi IP terhadap visitor yang melakukan klik pada link short yang dibuat.

12. Short url

shorturl.at short url tool
berikutnya adalah situs Short link tool Short Url. "ShortURL" memungkinkan untuk mengurangi tautan panjang dari Facebook, YouTube, Twitter, Linked In, dan situs teratas di Internet, cukup tempel URL panjang dan klik tombol Shorten URL. Di layar berikutnya, salin URL yang dipersingkat dan bagikan di situs web, obrolan, dan email. Setelah mempersingkat URL, periksa berapa banyak klik yang diterima.

Short Url Tool ini juga dapat digunakan dalam publikasi, iklan, blog, forum, email, pesan instan, dan lokasi lainnya. Lacak statistik untuk bisnis dan proyek Anda dengan memantau jumlah klik dari URL Anda dengan penghitung klik yang disediakan pada tool tersebut.

Manfaat menggunakan Situs Short URL

Manfaat utama dari memperpendek tautan adalah, tentu saja, membuatnya lebih ringkas. Ini akan sangat berguna jika kita ingin membagikan link di platform yang tidak mendukung banyak karakter seperti Facebook, Twitter atau linkedin. Namun untuk twitter sendiri sudah memiliki short url sendiri yakni "t.co".
Memendekkan link juga akan membuatnya menjadi terlihat lebih keren dan profesional. Selain itu, jika Anda membangun sebuah website dan mengharap bantuan SEO berupa backlink, maka short URL ini juga bisa menjadi salah satu penyumbang Backlink berkualitas.
Demikian artikel kali ini tentang Short URL Terbaik Untuk Memperpendek Link. Semoga bermanfaat. Terimakasih
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed