Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Membuat & Memasang Favicon Pada Blogger [Blogspot] Terbaru

Cara Membuat & Memasang Favicon Pada Blogger [Blogspot] Terbaru

Cara memasang favicon atau mengganti favicon bawaan dari blogger dengan logo blog sendiri merupakan tutorial blogger yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Kita tahu bahwa saat ini blogger sudah melakukan update terhadap tampilannya yang beberapa bulan yang lalu melakukan uji coba dengan beberapa fitur terbaru. 

Pada awalnya sebelum penghapusan menu Back To Classic Blogger Theme, banyak terdapat bug dan juga tampilan antarmuka baru yang membingungkan.  Salah satu masalah yang kemudian muncul ketika tampilan blogger baru ini dipatenkan adalah menu penambahan logo / icon favicon yang posisinya biasanya berada pada layout blogger hilang. Hal ini kemudian membuat banyak blogger kebingungan.
Cara Memasang Favicon Pada Blogger [Blogspot] Terbaru
Saya juga awalnya sangat pusing ketika mencari menu penambahan /penggantian icon favicon pada layout blogger terbaru. Namun setelahmengutak-atik pada bagian setting blogger akhirnya masalah hilangnya menufavicon bisa terselesaikan. 

Pada tutorial kali ini, selain memperlihatkan lokasi pemasangan favicon blog, saya juga akan memperlihatkan cara mengkonversi file logo berekstensi png, jpg dll dan di konversi mencadi file ico. File ico ini sendiri adalah bawaan dari blogger. Syarat utama untuk pembuatan favicon blog sendiri atau custom favicon ini adalah Anda harus memiliki logo sendiri yang akan dijadikan sebagai logo favicon bawaan dari blogger.


Efek dari mengganti favicon bawaan dari blogger ini adalah untuk membuat blog kita jadi lebih professional dan mudah diingat oleh pengunjung dengan menandai logo kita yang terdapat pada favicon. Karena tentunya logo blog adalah sebuah identitas yang harus dimiliki oleh setiap blog.

Generate File Logo Menjadi Favicon ico

Sebelum memasang favicon ini, terlebih dahulu kita buat filenya. kemudian nantinya akan dikonversi menjadi file "ico".  Generate favicon bertujuan untuk mengubah extensi file logo yang kita buat. Gambar logo yang awalnya kita buatnya misalanya berekstensi "JPG" atau "PNG" akan otomatis diubah oleh tool generator menjadi file "ico".
 
1. Pertama, siapkan file logo Anda yang akan diubah menjadi file favicon ico. Usahakan file logo Anda memiliki dimensi 1:1. Seperi contoh file image dengan ukuran 512x512 px. Bisa persegi atau bulat dll.
 
2. Kunjungi situs favicon generator. Disini saya rekomendasikan Anda untuk tool generator favicon di https://www.favicon-generator.org.  3. Klik pada menu Choose File, kemudian upload /pilih file gambar logo yang akan digenerate lalu klik Create Favicon.
Cara Memasang Favicon Pada Blog

4. Selanjutnya akan muncul tab baru dan silakan klik Download the generated Favicon.
Cara Memasang Favicon Pada Blogger


Cara Mengganti / Pasang Favicon Pada BLog

Selanjutnya adalah memasang favicon yang sudah kita download tadi. Caranya adalah:

1. Extrak terlebih dahulu filenya

2. Cari file yang berekstensi ".ico" 

 3. Masuk ke Blogger ➢ Klik Setting ➢ klik Favicon
Cara pasang Favicon Pada Blogspot Terbaru


4. Akan muncul tab baru dan selanjutnya klik Choose File untuk memilih file icon Favicon kita lalu klik Save
Merubah favicon bawaan blogger


5. Selesai. Sekarang Anda sudah bisa melihat hasilnya.

Tutorial diatas merupakan cara terbaru untuk pemasangan favicon ico blog yang awalnya terdapat pada halaman layout dan ternyata sudah berpindah tempat ke bagian pengaturan template. Yang artinya masalah hilang atau tidak tampilnya menu favicon pada layout halaman template blog sudah selesai. 
 
Masalah yang kemudian muncul selanjutnya adalah loading blog yang akan berat karena cache dari favicon ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan saya buatkan tutorial khusus untuk mengatasi lavarge browser caching favicon.

Demikian tutorial kali ini tentang Cara Memasang Favicon Pada Blogger [Blogspot] Terbaru. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed