Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tentang PA dan DA dalam Teknik SEO Website

Tentang PA dan DA dalam Teknik SEO Website

Dalam Dunia SEO (Optimasi Search Engine) pastinya kita mengenal Page Authority serta Domain Authority dalam suatu website. PA dan DA ini merupakan penanda yang menunjukan kepada kita bagaimana kualitas sebuah website atau blog pribadi kita maupun blog orang lain di search engine.

Patut diketahui bahwa masih banyak diantara kita para pelaku website yang sama sekali buta akan kedua hal ini. DA dan PA adalah hal penting yang sebenarnya harus diketahui. Ini bisa menjadi sebuah pembanding, seberapa bagusnya sebuah situs dalam mesin pencari dan seberapa tinggi nilai domain dan konten pada sebuah situs dilihat dalam rangking DA dan PA.
apa itu da dan pa

PA dan DA merupakan hal penting dalam teknik SEO, dan bahkan sudah banyak sekali pelaku dan pakar SEO mencari PA dan juga DA yang bagus serta memiliki rating dan rangking tinggi untuk menanam link (Backlink) dengan harapan bisa meningkatkan rangking situs / website mereka di mesin pencari.

Kenapa Harus Meningkatkan DA dan PA

Pada mesin pencarian, khususnya Google sangat menyukai situs website denga nilai PA dan DA tinggi, hal inilah yang kemudian menjadikan banyak situs / blog bersaing untuk bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. DA dan PA akan memberikan pengaruh besar terhadap website dan isi kontennya. Orang lebih cenderung membaca informasi, tips, tutorial atau informasi lain dari website yang muncul dihalaman pertama. Dan rata-rata mereka yang terlihat dihalaman depan google adalah website dengan DA dan PA tinggi, Sekalipun ada juga yang masih memiliki DA dan PA rendah (biasanya karena pengaruh SEO). Alasan inilah yang akhirnya menjadikan para pemilik website untuk meningkatkan nilai DA dan PA situs mereka.

Domain yang saya gunakan saat ini merupakan domain yang berumur 4 (empat) bulan lebih dan sangat kecil harapan untuk bisa bersaing dengan domain yang sudah berumur tahunan dan sudah memiliki ratusan bahkan ribuan konten. Namun saya tetap yakin dan optimis bahwa domain saya akan terus bisa bersaing dimasa mendatang dengan tetap fokus untuk membuat konten yang berkualitas. Nah, saya tadi sudah menyebutkan salah satu faktor untuk bisa meningkatkan Page Authority (PA). Dan selengkapnya bisa dilihat pada penjelasannya dibawah ini.


Berikut ini adalah penjelasan singkat dan jelas tentang Apa itu Domain Authority (DA) dan Juga Page Authority (PA) serta cara meningkatkan DA dan PA agar blog mendapat rangking di google

Page Authority


Apa itu Page Authority atau PA?

Page authority adalah gambaran / nilai rangking pada sebuah website maupun blog yang dilihat atau ditemukan pada mesin pencari. Kisaran / range angka pada page authority dimulai dari 0 sampai dengan 100, semakin tinggi nilai PA suatu blog atau website tersebut, maka kemungkinan untuk bisa tampil di search engine sangatlah tinggi.

Namun bukan hanya hal itu saja, angka-angka ini juga juga sangat berkaitan dengan seberapa relevannya sebuah website dan link yang dibangun dalam setiap konten yang telah dibuat.

Sebagai contoh untuk website dengan nilai PA yang lumayan tinggi dan memang cukup tinggi adalah Wikipedia.com. Tahukah Anda jika niilai PA dari website ini mencapai 95 dan pastilah hal ini akan membuat hasil pencarian dari wikipedia selalu masuk di halaman pertama search engine.

Cara  Meningkatkan PA

Lalu apakah PA website atau blog kita bisa ditingkatkan?– Jawabannya adalah bisa! Carany bagaimana? Cukup sederhana dan mudah ternyata cara agar PA pada website maupun blog Anda bisa naik. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan:
  1. Rajin mnngupdete konten atau artikel-artikel di web maupun blog Anda secara berkala (rutin). Ingat, konten atau artikel tersebut haruslah asli dan tidak boleh copy paste yang persis sama dari sumber. Sering update konten artikel Anda dengan informasi yang terbaru dan menarik, relevan, bermanfaat, serta disukai oleh para pembaca. Olehnya itu, setidaknya Anda harus tahu apa saja keinginan dan apa yang disukai oleh pembaca. Anda bisa melihat tinjaunnya melalui analituc google atau Google Search COnsole (GSC)
  2. Pasang backlink yang berkualitas dan relevan, jangan pernah melakukan spamming. Lakukan backlink yang relevan dan menggunakan teknik Anchor Text agar nilai PA pada website Anda cepat naik.
  3. Beri gambar atau video pada web maupun blog Anda. Jangan mengisikan situs atau blog Anda hanya dengan teks / tulisan saja. Jangan lupa untuk mengoptimasi gambar dengan memasang ALT adn title text. ALT teks gambar setidaknya mengandung kata kunci dari artikel yang Anda post sehingga bisa menjadi pendobrak rank artikel Anda.
  4. Gunakan tema website / template yang ringan dan SEO friendly.


Domain Authority

Selanjutnya Adalah pembahasan tentang domain Authority yang akan kita kupas tuntas, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Domain Authority atau DA

Domain authority atau DA pada website adalah hal yang mengacu pada kekuatan domain yang dimiliki oleh sebuah situs website atau blog. Hal ini didasari oleh beberapa faktor penting pada sebuah website atau blog itu sendiri diantaranya adalah faktor usia, popularitas, serta ukuran dari domain tersebut. Misalkan domain Blogger.com yang digunakan oleh website DewaPlokis.com memiliki nilai DA sebesar 87 point. Untuk skala pengukuran DA sama dengan PA, yaitu dari 1 sampai dengan 100, semakin besar DA web atau blog maka akan semakin bagus posisi atau peringkat Anda dalam SERP.

Faktor peringkat Domain Authority terdiri dari lebih dari 40+ sinyal, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda mulai lakukan sekarang untuk meningkatkan Domain Authority situs web Anda.

Pertama mari kita pahami apa yang menciptakan DA yang baik dengan memahami "MozRank" dan "MozTrust".

Apa itu MozRank?

MozRank diukur berdasarkan profil tautan suatu domain. Itu dihitung untuk setiap halaman web di Internet berdasarkan jumlah tautan yang menunjuk ke halaman.

Seiring dengan kuantitas, kualitas halaman yang terhubung juga memainkan peran utama. Sejumlah halaman berkualitas yang terhubung ke situs web Anda akan memberikan peringkat MozRank yang lebih baik daripada banyak tautan berkualitas rendah yang menunjuk ke situs web Anda.

MozRank diukur pada skala 0-10, dengan 10 sebagai yang tertinggi. Peringkat MozRank rata-rata untuk halaman web di Internet adalah 3.

Apa itu MozTrust:

MozTrust Seperti MozRank, MozTrust juga tergantung pada tautan. Namun, dengan MozTrust, yang diukur adalah seberapa dekat Anda terhubung ke situs web tepercaya di web. Misalnya, situs web pemerintah atau situs web .edu / ac.id biasanya dianggap sebagai situs web tepercaya. Jika Anda ditautkan dalam satu hop (tautan situs .gov / go.id ke situs yang disebut "A" dan tautan situs "A" kepada Anda), maka Anda cenderung memiliki peringkat MozTrust yang lebih baik. Pikirkan MozTrust sebagai peringkat tautan yang menunjukkan jarak antara halaman web Anda dan sumber tepercaya. Untuk pilihan backlink lain yang juga bisa meningkatkan MozTrust situs, bisa di check pada artikel sebelumnya tentang 

MozTrust juga diukur pada skala 0-10, dan Anda dapat meningkatkan peringkat MozTrust Anda dengan mendapatkan tautan dari situs web yang sangat tepercaya (Wikipedia, situs pemerintah, situs universitas, dll).

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang MozTrust di Moz SEO.

Faktor-faktor yang memengaruhi MozTrust:
  • Situs web apa yang Anda tautkan: Selalu tautkan ke laman web berkualitas bila memungkinkan, dan jangan tautkan ke spam atau situs ilegal.
  • Info pendaftaran domain: Disarankan oleh Rand bahwa info pendaftaran domain Anda juga dapat memainkan peran penting dalam menentukan faktor kepercayaan untuk domain Anda. Jika Anda memiliki 10 situs web dengan info pendaftaran domain yang sama atau serupa, dan 8 dari 10 situs web yang buruk, mungkin menyulitkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan untuk 2 situs web berkualitas.
  • Sinyal data pengguna: Ini tergantung pada bagaimana pengguna berinteraksi di web, dan dikumpulkan melalui berbagai sumber seperti bilah alat Google, analisis Google, Wifi gratis.
  • Usia domain: Biarkan usia domain Anda sebanyak mungkin karena semakin tua itu, semakin baik itu. Anda tidak bisa berbuat banyak tentang itu, tetapi cobalah untuk tidak mengubah nama domain Anda lagi dan lagi. Jika Anda seorang blogger BlogSpot, sebaiknya gunakan nama domain khusus dari awal.
Catatan: Anda mungkin melihat situs web atau halaman web yang memiliki MozRank tinggi tetapi MozTrust rendah. Ini mungkin karena mudah untuk memanipulasi MozRank dengan membangun banyak tautan dalam waktu singkat.


Cara Meningkatkan DA

Seperti yang telah disebutkan, ada 3 faktor yang mempengaruhi DA pada web maupun blog Anda. Faktor tersebut adalah usia, popularitas, dan ukuran. Berikut penjelasannya:
  1. Usia Domain
  2. Usia domain akan menjadi penentu utama dari tingginya nilai Domain Authirity yang dimiliki oleh sebuah situs web. Jika situs web tersebut tetap aktiv dan sudah memiliki usia yang sudah lama maka pasti DA yang dimiliki juga akan tinggi. Jika Anda menggunakan domain pribadi atau domain berbayar, maka setidaknya Anda harus bersabar untuk menaikan DA-nya karena memang ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun jika Anda menggunakan domain yang sudah ada, seperti Blogspot.com atau WordPress.com, maka nilai dari DA-nya tidak akan bisa ditingkatkan lagi. Namun saya tidak menyarankan hal ini, karena domain TLD lebih baik dan lebih berkelas dibanding domain gratisan.

  3. Popularitas Domain
  4. Dalam hal ini (popularitas domain) bisa diketahui dari seberapa banyak jumlah inbound link yang masuk ke situs web atau blog Anda, dimana link-link yang masuk tersebut merupakan link yang berkualitas dan tidak spam. Link yang dimaksud ini juga merupakan link backlink yang ditanam pada sebuah situs web yang mengarah ke situs website Anda.

  5. Ukuran Domain
  6. Ukuran domain yang dimaksud ini bukanlah ukuran dalam artian nilai (value) sebuah domain, namun lebih pada kualitas domain itu sendiri, yaitu domain yang memiliki banyak konten berkualitas dan memiliki rating tinggi dari poembacanya karena kontennya berkualitas dan disukai oleh pembaca.


Bagaimana Cara Mengetahui DA dan PA Website

Untuk mengetahui Domain Authority dan Page Authority sebuah situs, kita cukup menggunakan tool online (selain browser extension). Ada banyak tool gratis yang bisa digunakan untuk mengechek, sebagai rekomendasi saya menyarankan untuk menggunakan https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/ dan juga https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/ (perlu register).

Anda cukup meletakkan alamat website Anda kedalam kotak yang disediakan pada tool online tersebut seperti pada contoh dibawah ini. :


Selain kedua tool diatas, banyak juga yang menyarankan penggunaan moz bar (browser extension). Dan silakan Anda test sendiri

Demikian artikel kali ini tentang Apa itu DA dan PA dan pengaruhnya terhadap SEO website. Semoga bisa dipahami. Namun jika ada yang masih membuat Anda bingung dengan postingan ini, silakan ajukan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed