Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Custom Robots Header Tags Untuk Blogger (Blogspot)

Cara Custom Robots Header Tags Untuk Blogger (Blogspot)

Bagaimana cara melakukan setting yang benar pada Robot Header Tags?Apa pengaruhnya atau dampaknya pada website jika melakukan perubahan yang tidak tepat / keliru. Tag tajuk robot khusus adalah perintah robot kepada mesin pencari untuk melakukan pengecekan, perayapan dan pengindeksan pada situs kita. Maka jika salah dalam memberikan kode perintah pada Tags tersebut, tentu akan berdampak buruk bagi blog.

Perintah yang dikirimkan pada robot crawler ini bertujuan menginformasikan apa saja yang bisa dan tidak bisa diindex. Tentu ini menjadi sesuatu yan harus dilakukan dengan benar agar website kita bisa dirayapi dan diindex sesuai perintah Tags Robot yang kita atur. Dan ini akan sangat berpengaruh besar untuk SEO blog.

Custom Robots Header Tags Untuk Blogger


Apa itu Pengaturan Tags Robots Header

Pengarutan Tags robot Header ini adalah merubah nilai default blogger tentang cara pengindeksan dan perayapan yang dilakukan oleh sistem blogger secara otomatis dan kemudian diubah menjadi manual dengan mengatur sendiri kode perintah pada Tags Robot Header tersebut.

Ada 3 bagian yang disetting pada Tags robot header ini, yaitu : 
  • Home Page
  • Archive and Search Pages
  • Default for Post and Pages
Ketiganya merupakan bagian atau kerangka utama pada blog dan sudah seharusnya untuk melakukan settingan dengan benar agar ketiga bagian tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik pada mesin pencari.

Tag dan Tujuan Robots Header Tags

Berikut ini adalah bebearpa istilah tag yang terdapat pada kolom custom robots header atau tag tajuk robot khusus yang mungkin harus Anda ketahui terlebih dahulu agar bisa dipahami penggunaanya untuk optimasi pada mesin pencari.

1. all
Jika Anda mengatur tag ini, perayap tidak terikat oleh kendala apa pun. Mereka dapat dengan bebas ,menelusuri, mengindeks dan mengekspos konten pada blog Anda.

2. noindex
Tidak semua blog untuk pemberitahuan publik. Bahkan jika Anda tidak membagikan URL blog pribadi Anda dengan siapa pun, kemungkinan orang akan mendapatkannya dari hasil pencarian. Pada skenario seperti itu, Anda dapat menggunakan tag noindex karena mencegah mesin pencari mengindeks halaman.

3. nofollow
Tag nofollow dan dofollow adalah untuk tautan keluar. Dofollow adalah tag robot default untuk semua tautan keluar Anda. Itu berarti mesin pencari dapat menyelinap ke halaman yang Anda tautkan. Jika Anda tidak ingin bot mencari melalui tautan Anda, penambahan tag nofollow harus membantu Anda.

4. none
tidak ada yang menggabungkan fitur tag noindex dan nofollow. Perayap tidak akan mengindeks halaman Anda atau membaca tautan jika mencentang pada nilai ini.

5. noarchive
Anda mungkin telah memperhatikan label yang di-cache dengan sebagian besar tautan situs web di SERPs. Ini menunjukkan bahwa Google telah mengambil salinan situs Anda ke server mereka untuk ditampilkan jika web Anda kembali di klik. Tag noarchive akan mematikan versi cache di halaman pencarian, sehingga data tetap selalu fresh.

6. nosnippet
Potongan teks dalam hasil pencarian membantu orang menemukan apa yang ada di halaman web. Jika Anda ingin konten tetap eksklusif, Anda dapat mengaktifkan tag tajuk ini.

7. noodp
Open Directory Project atau Dmoz adalah direktori situs web buatan manusia. Google terkadang menggunakan informasi dari sana. Anda dapat mematikannya dengan tag ini jika mau.

8. notranslate
Apakah Anda ingin menonaktifkan terjemahan di situs Anda? Kemudian gunakan notranslate untuk tujuan yang tepat.

9. noimageindex
Jika Anda mengizinkan Google untuk mengindeks gambar Anda, orang-orang dapat mencurinya dan menggunakannya di situs web mereka sendiri. Untuk mencegahnya, Anda dapat menjaga gambar tetap deindex menggunakan tag noimageindex. Baca juga Panduan SEO Gambar ini.

10. available_after
Di Blogger, Anda akan mendapatkan bidang yang tepat untuk tag ini. Jadi, halaman web akan dideindex setelah waktu ini.

Setelah semuanya sudah diterangkan dengan jelas tentang pengertian nilai tadg yang terdapat pada custom robots header. Saatnya kita ke topik utama dari postingan ini, yaitu setting Custom Robots Header Tags.


Pengaturan Custom Robots Header Tags Untuk Blogger

Seperti yang Anda ketahui, kita berbicara tentang pengaturan tag tajuk robot khusus blogger. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk pengaturan robots header yang baik agar optimal dimesin pencari.

Langkah 1: Masuk Ke Blogger ➣ Masuk Menggunakana Akun Gmail Anda ➣ Pilih blog yang ingin Anda atur header tagsnya (jika memiliki lebih dari satu blog).

Langkah 2: Lalu pergi ke Setting ➢ Search preferences. Di sana Anda dapat melihat pengaturan yang disebut Custom header tags di bawah "Crawler and indexing". Klik tautan "Edit" di sebelah kanannya.
Crawler and indexing

Langkah 3: Pada langkah ini, Anda akan melihat dua tombol pengaktivan. Pilih "yes" untuk mengaktifkan
Custom Robots Header Tags


Langkah 4: Sekarang, Anda akan mendapatkan satu set kotak centang. Jangan terlalu dipikirkan. Mungkin terasa rumit, tapi tidak. Anda dapat mengaturnya sendiri dengan membaca "Tag dan Tujuan Robots Header Tags" sekali lagi. Atau, cukup ikuti pengaturan yang sama yang saya pilih (lihat gambar yang diberikan di bawah) dan tekan "Save changes" / Simpan perubahan.
pengaturan robots header tags

Pada halaman posting, pengaturan ini masih bisa dirubah. Namun sebaiknya berhati-hati ketika menggunakannya. Dan lebih baik mengikuti default saja.

Selamat, sekarang Anda sudah berhasil melakukan penyetelan Custom Robots Header Tags.


Kesimpulan

Pengaturan tag tajuk robot khusus bertujuan untuk meningkatkan visibitas sebuah situs kepada mesin pencari tentang apa saja yang bisa dan tidak bisa untuk dirayapi.

Dan penting untuk diketahui bahwa jangan pernah melakukan centang pada area noindex pada bagian post. Karena hal tersebut akan membuat semua post Anda tidak akan dirayapi dan hal tersebut akan membuat Anda kehilangan banyak waktu untuk melakukan setting ulang pada search console untuk melakukan perbaikan.


Demikian tutorial kali ini tentang Cara Custom Robots Header Tags Untuk Blogger (Blogspot Blogs) yang juga merupakan salah satu trik optimasi SEO On Page. Semoga bermanfaat. Jika Ada yang belum jelas, jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar dibawah atau pada halaman contact. Terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed