Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Pasang Schema.org LD-Json Untuk Homepage Blogger

Cara Pasang Schema.org LD-Json Untuk Homepage Blogger

Schema.org untuk homepage ini bisanya memakai atau menggunakan 2 (dua) jenis schema yang kemudian digabungkan menjadi satu script ld-json yaitu Schema.org Webpage dan schema.org Website. Masing -masing dari keduanya memiliki fungsi berbeda dalam menyampaikan informasi kepada mesin pencari.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap schema.org memilik peranan berbeda dalam mengirim sinyal informasi ke search engine tentang apa yang ada website kita.

Cara Pasang Schema.org LD-Json Untuk Homepage Blogger

Apa Fungsi Schema.org Webpage dan Schema.org Website

Schema.org Webpage digunakanan untuk keperluan snippet pada homepage dan halaman pencarian sedangkan schema.org  website digunakan untuk untuk mendapatkan sitelink searchbox pada pencarian google.

Data yang terstruktur dengan baik akan sangat disukai oleh mesin pencari. Dengan pemasangan schema.org Webpage dan Website ini, diharapkan agar informasi dalam blog kita yang disampaikan melalui data schema ldjson yang terstruktur rapi mudah dipahami oleh google search console ataupun crawler bot sehingga akan cepat dimunculkan pada halaman pencarian.

Pada tutorial sebelumnya, saya sudah menjaskan tentang cara pemasangan LdJson schema.org pada postingan, dan sekarang akan dibahas khusus untuk pemasangan pada homepage blogspot.

Untuk mengetahui jenis structure data yang Anda gunakan dan apakah sudah valid, silakan check pada tool Google Structured Data Testing Tool.

Jenis Structure data pada Homepage

Jika pada tempalate blog Anda sudah terdapat kode Schema Website seperti ini
<script type="application/ld+json">
{ "@context": "https://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "?q={search_term_string}", "query-input": "required name=search_term_string" } }</script>

Atau Schema Webpage dibawah ini
  <b:if cond='data:view.isMultipleItems or data:view.isPage'>
      <script type='application/ld+json'>{
        &quot;@context&quot;: &quot;http://schema.org&quot;,
        &quot;@type&quot;: &quot;WebPage&quot;,
        &quot;name&quot; : &quot;<data:blog.pageTitle/>&quot;,
        &quot;url&quot; : &quot;<data:blog.url/>&quot;
        }</script> 
    </b:if>

Kode diatas sudah merupakan kode yang tepat dan sudah terdeteksi pada tool structure data google. Namun sebagai opsi lain, Anda bisa menggunakan kode dibawah dan mengganti kode diatas, karena menurut saya kode ini sudah complete.

Cara Pasang Schema.org LD-Json Untuk Homepage Blogger

Kode dibawah ini merupakan penggabungan antara schema Webpage dan Schema Website, maka silakan hapus kode sebelumnya yang terdapat dalam template blog Anda agar tidak terjadi bentrokan kode JSON-LD yang justru akan membuat error (mesin pencari tidak memahami strukture website).

Jika semuanya sudah terhapus, Silakan simpan kode berikut di atas kode </head>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<script type='application/ld+json'>
{
  "@context": "http://schema.org",
  "@graph":
  [
  {
  "@type": "Webpage",
  "url": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>",
  "name": "<data:blog.title/>",
  "headline":"<data:blog.title/>",
  <b:if cond='data:blog.metaDescription'>"description": "<data:blog.metaDescription.escaped/>",<b:else/>"description": "Silahkan kunjungi <data:blog.title/> untuk membaca postingan-postingan menarik.",</b:if>
  "mainEntityOfPage": {
    "@type": "WebPage",
    "@id": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>"
  },
  "publisher": {
    "@type": "Organization",
    "name": "<data:blog.title/>",
    "url": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>",
    "logo": {
        "url": "https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjT3nADHrstaa7u9HQsaP4nKKABq7h9IloI02LglzrFmDnUaa3BU4UB_4nJXNpD4VOMI-5rtl_AbPouhJo1jr82oc-wzDJ-ZvNeRk3rfLyGxNdpLA6tp4VhQW29bjBAG5Ak6uAOkkxR57M/s600/bloggue.png",
        "width": 600,
        "height": 60,
        "@type": "ImageObject"
    }
  },
  "image": {
    "@type": "ImageObject",
    "url": "
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh68jUUztVEygmR97Wf3QjAjV4WtDj2QWnup_EkKkGoLCZZcrcD4lFVXMjRcgEiJSqvz_DVFirK4kOmkj8XPfpc0C37LVLlJ4_Yg3O1vmrydjObh3AAdE44BpCNOVkLtzLNOimSgCKO4VnH/s1280/bloggue.jpg", "width": 1280, "height": 720 } }, { "@type": "WebSite", "url": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>search?q={q}", "query-input": "required name=q" } } ] } </script> </b:if>

Untuk URL image untuk logo ganti dengan logo blog Anda dengan ukuran 600x60 dan untuk URL image untuk image buat gambar untuk homepage dengan ukuran 1280x720.

Penting untuk diketahui bahwa pemasangan SeachAction sebagai tambahan untuk Sitelink searchbox bukan berarti akan otomatis akan menambahkan sitelinks pada halaman pencarian google. Namun setidaknya kita telah memberi tahu kepada google bahwa kita memiliki Sitelinks searchbox.

Demikian tutorial kali ini tentang pemasangan Ldjson Schema.org untuk homepage. Terimakasih telah membaca postingan ini.

Sumber :  https://www.kompiajaib.com/2019/06/ld-json-script-schemaorg-untuk-homepage.html
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed