Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10

Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10

Ikon yang digunakan Windows untuk dokumen dan program Anda disimpan dalam cache ikon, sehingga ikon tersebut dapat ditampilkan dengan cepat tanpa harus memuatnya secara perlahan setiap kali Windows melakukan start. Jika Anda pernah memiliki masalah dengan ikon di komputer Anda, membangun kembali cache ikon mungkin membantu.

Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10
Kadang-kadang cache ikon menjadi ketinggalan zaman, menyebabkan tampilannya jadi tidak sesuai, atau bahkan hilang. Misalnya, mungkin Anda meningkatkan aplikasi dan versi baru datang dengan ikon baru, tetapi Anda masih melihat ikon lama di desktop.

Kadang-kadang ikon kosong atau rusak dapat muncul ketika ikon yangbaru ditampilkan sebelumnya. Ketika ini terjadi, Anda harus mengatur ulang ikon cache dan membiarkannya secara otomatis membuatnya kembali. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara membangun kembali ikon cache di Windows 10. Panduan ini juga berlaku untuk Windows 8 dan 7, tetapi prosesnya sedikit berbeda.

Bagaimana Icon Cache Bekerja di Windows

Ikon ada di mana-mana di Windows: Panel Kontrol, Program dan Fitur, File Explorer, dan sebagainya. Harus mengambil semua gambar ikon yang mungkin dari hard disk dan membuatnya secara dinamis dapat menghabiskan banyak sumber daya sistem. Akibatnya, Windows menyimpan ikon yang sudah diambil di memorinya. Saat Anda mematikan atau memulai ulang, cache ini akan menulis ke file tersembunyi di hard drive Anda, sehingga tidak harus memuat ulang semua ikon tersebut.

File database bertambah seiring bertambahnya informasi. Menurut dokumen ini dari MSDN knowledgebase, ketika Windows perlu menampilkan ikon, ia akan memeriksa cache, dan menampilkan ikon yang di-cache jika ditemukan kecocokan. Jika tidak menemukan satu, itu akan memeriksa file yang dapat dieksekusi dan memindai direktori aplikasi.

Mekanisme cache, seperti basis data IconCache, telah dibahas oleh banyak spesialis sistem, dan secara mendalam oleh Mark E. Russinovich dan David A. Solomon dalam buku Windows Internals mereka, jika Anda ingin tahu lebih banyak, tetapi dasarnya adalah semua yang perlu Anda pahami untuk proses ini.

Dimana Ikon Cache Disimpan

File cache ikon disembunyikan di Windows jadi jika Anda telah mengatur file tersembunyi dan sistem untuk tidak ditampilkan, Anda harus memperlihatkannya. Untuk melakukan ini, buka Control Panel.
Kemudian, buka "Folder Option" dan buka tab "View". Pilih opsi "Show hidden files, folders, and drivers". lLalu hapus juga centang "Hide protected operating system files (Recommended)". Kemudian klik OK dan tutup Control Panel.

Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10

Pada windows 7, cache icon terletak pada
C:\Users\<nama pengguna Anda>\AppData\Local\IconCache.db

Namum file ini masih ada di Windows 8 dan 10, tetapi Windows tidak menggunakannya untuk menyimpan ikon cache. Di Windows 8 dan Windows 10, file cache ikon terletak di:
C:\Users\<nama pengguna Anda>\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer

Di folder ini, Anda akan menemukan sejumlah file cache ikon:
• iconcache_16.db
• iconcache_32.db
• iconcache_48.db
• iconcache_96.db
• iconcache_256.db
• iconcache_768.db
• iconcache_1280.db
• iconcache_1920.db
• iconcache_2560.db
• iconcache_custom_stream.db
• iconcache_exif.db
• iconcache_idx.db
• iconcache_sr.db
• iconcache_wide.db
• iconcache_wide_alternate.db

Untuk membangun kembali cache ikon, Anda harus menghapus semua file cache ikon yang muncul di folder ini. Ini tidak sesederhana mengkliknya dan menekan Hapus: file-file itu masih digunakan oleh Explorer, jadi Anda tidak bisa hanya menghapusnya secara normal.

Cara Membangun Kembali Ikon Cache

Tutup dan simpan apa pun yang sedang Anda kerjakan sebelum melanjutkan. Buka File Explorer dan buka folder berikut:
C:\Users\<nama pengguna Anda>\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer
(Ganti <nama pengguna Anda> dengan nama login sebenarnya untuk akun Windows Anda.)

Tekan dan tahan tombol Shift dan klik kanan pada folder Explorer. Pilih "Open command window here."

Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10

Maka setelah menekan shift + klik kanan, pada cmd akan muncul dan menampilkan
(gambar disini)

Untuk memastikan prompt perintah ada di folder yang benar, ketik perintah dir. Anda akan melihat file iconcache dan thumbcache yang telah kita bahas sebelumnya muncul.

Selanjutnya klik kanan pada taskbar kemudian buka task manager

Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10

Klik kanan pada "Windows Explorer" dalam daftar dan pilih "End task" dari menu pintasan. Explorer dan desktop akan hilang. Keluar dari Task Manager dan pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan kecuali untuk jendela command prompt.

Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10

Di jendela command prompt ketik perintah berikut:
del iconcache *

Tekan enter. Tanda bintang setelah iconcache diperlukan untuk memastikan semua file dengan nama yang dimulai dengan iconcache akan dimasukkan dalam operasi yang akan dihapus.

Sekarang tekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, dan pilih "Sign off." Masuk kembali, dan ikon yang kedaluwarsa atau hilang sudah diperbaiki atau dibuat ulang.

Ingat, membangun kembali cache ikon tidak akan membantu dengan masalah thumbnail (Anda harus melalui proses ini untuk melakukannya), ikon yang salah untuk ekstensi file tertentu, atau ikon pintasan yang hilang. Tetapi jika Anda memiliki masalah ikon lainnya, mudah-mudahan rebuild cache icon akan bisa memperbaikinya.


Demikian artikel kali ini tentang Cara Memperbaiki Icon Rusak Pada Windows 10. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed