Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Memasang Lazy load Iklan Adsense di Blogspot

Cara Memasang Lazy load Iklan Adsense di Blogspot

Memasang lazy load script google adsense adalah cara yang sangat tepat untuk meringankan beban loading blog. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu penyumbang loading terbanyak pada blog adalah script dari google adsense.

Google adsense sampai sekarang masih menjadi andalan para website untuk mendapatkan penghasilan. Dan fitur ads ini adalah yang paling populer diantara begitu banyak penyediua jasa periklanan web. Namun tidak semua web bernasib baik dan bisa mendaftarkan webnya unjtuk menjadi publisher. Dan mereka yang sudah beruntung bisa mendaftarkan adsense dan full approve sekarang memiliki masalah karena beban loading blog semakin berat.
cara pasang lazy load adsense

Pada tutorial kali ini, saya tidak akan membahas tentang syarat dan diterimanya website menjadi publisher adsense google, karena hal ini akan saya bahas pada tutorial selanjutnya. Makanya silakan subscribe blog ini agar bisa selalu update tutorial terbaru dan menarik lainnya.(promosi☺)

Pembahasan kita kali ini adalah untuk Anda yang sudah memasang adsense google atau sudah diterima untuk menayangkan iklan Adsense. Kemungkinan pada pemasangannya di blog, Anda mendapatkan masalah loading blog yang menjadi berat. Hal ini wajar saja karena memang script adsense belum menggunakan metode "defer" ataupun "async". Namun tenang saja, karena saatnya bagi Anda untuk menampilkan iklan google Adsense di blog tapi mengurangi kecepatan pemuatan / render blog.

Blog saya yang tadinya memiliki skor loading sekitar 90an pada GT Metrix dan Page Speed Tool google kini langsung turun drastis hingga nilai 50 dan loading blog yang tadinya diabawah 2 detik kini naik sampai 10 detik.

Saya sendiri kadang malas membuka blog saya karena terlalu lama menunggu loading. Kalau saya saja yang malas membuka blog, bagaimana dengan visitor saya. Saya bisa pastikan mereka semua kabur sebelum membaca apapun didalam blog saya. Setelah googling kesana kesini akhirnya sudah ketemu dengan solusinya. Dan ternyata sangat simple. Triknya adalah menambahkan script lazyload iklan google Adsense.

Script lazy load Ads ini berfungsi untuk menunda pemuatan iklan adsense pada saat membuka blog, dan Adsense akan terbuka jika melakukan scrol. Bagaimana, pasti Anda tertarik untuk melakukan trik ini pada blog Anda. Jika iya, maka silakan ikuti tutorialnya berikut ini.


Pasang Lazy load Adsense Untuk Mempercepat Loading Blog

Cara ini merupakan referensi dari banyak situs besar yang juga sangat menyarankan pemasangan lazyload Adsense iklan google.

1. Silakan login ke akun blogger Anda

2. Untuk Blogger baru ➡Pilih theme lalu klik 3 tanda titik lalu klik edit HTML
Cara Memasang Lazy load Iklan Adsense di Blogspot

Cara Memasang Lazy load Iklan Adsense di Blogspot


3. Setelah masuk, cari dan hapus semua kode ini pada script adsense Anda
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
sehingga jadinya seperti ini:
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-12345678890123"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
Cari juga kode adsense yang ditempelkan pertama yang biasanya berada dibawah <head> dan hapus kode tersebut jika ada ditemplate Anda. Contoh kodenya mirip seperti ini :
<script async='async' data-ad-client='ca-pub-1111111111111111' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'></script>

Jangan khawatir, ini tidak akan membuat iklan Ads google Anda tidak tampil. Karena script yang terhapus tersebut akan kita masukkan nanti pada tempat tertentu.

4. Masukkan kode script lazyload berikut sebelum </body>
<script>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense by dewa plokis
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/dewaplokis/block@master/dewablock.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

5. Selesai. Sekarang Anda sudah berhasil memasang Lazy Load Iklan Adsense untuk mempercpat loading blog yang berat karena script ads google.


Penting : Harap diperhatikan bahwa kode script ini harus di pasangkan dengan CSS adblock agar bisa bekerja. Karena jika tidak, akan menyebabkan "Lag" pada blog Anda. Ini karena script tersebut telah memuat perintah HTML pemuatan pesan Adblock namun tidak ada respon dari CSS Adblock tersebut.

Untuk CSS serta pemasangan Anti Adblock bisa di baca pada Artikel Cara Memasang Anti Ad block Pada Blogger.

Lazy load Adsense Tanpa Anti Adblock

Untuk cara pemasangan lazyload Adsense yang kedua ini tidak menggunakan script tambahan yaitu script Anti Adblock. Dan untuk cara pemasangannya mirip dengan cara pertama diatas, Anda hanya perlu merubah scriptnya saja.
Caranya :

1. Mirip dengan cara yang pertama, hapus semua kode ini pada script ads adsense Anda
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
dan juga kode yang mirip seperti ini:
<script async='async' data-ad-client='ca-pub-1111111111111111' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'></script>


2. Pastekan kode berikut ini sebelum </body>

<script type="text/javascript">
function downloadJSAtOnload() {
var element = document.createElement("script");
element.src = "https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";
document.body.appendChild(element);
}
if (window.addEventListener)
window.addEventListener("load", downloadJSAtOnload, false);
else if (window.attachEvent)
window.attachEvent("onload", downloadJSAtOnload);
else window.onload = downloadJSAtOnload;
</script>

3. Selesai. Save template dan silakan check kecepatan loading blog Anda.


Pertanyaan tentang pemasangan Lazy load Adsense

Apakah pemasangan script ini aman dan tidak melanggar? jawabannya adalah ya, ini sangat aman, bahkan google sendiri merekomendasikan untuk setiap blog agar mempercepat loadingnya. Nah, alternatif untuk mempercepat loading blog adalah dengan memasang script lazyload adsense. Selain memasang lazyload adsense, defer image dengan lazy load juga penting untuk mempercepat loading blog.

Demikian tutorial kali ini tentang cara memasang lazyload adsense di blogspot yang bertujuan untuk meringankan loading blog. Terima kasih


Sumber code : https://www.arlinadzgn.com/2018/11/cara-memasang-lazy-load-adsense.html
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed