Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Apa Itu Backlink? Pentingkah Untuk Meningkatkan SEO?

Apa Itu Backlink? Pentingkah Untuk Meningkatkan SEO?

Beberapa orang yang memiliki website utamanya mereka yang baru berkecimpung didunia website / blog sering sekali menanyakan tentang apa itu backlink. Belum lagi ada pertanyaan berikutnya yang menanyakan bahwa "apakah backlink ini berpengaruh terhadap blog kita.

Saya juga awalnya tidak pernah tahu dan tidak mau tahu tentang apa itu backlink. Saya awalnya hanya menulis dan memposting saja. Kemudian jika ada waktu senggang, saya mengunjungi beberapa blog / situs baik itu situs Indonesia maupun situs luar untuk mencari referensi tulisan / postingan saya selanjutnya. Setelah membaca postingan, biasanya saya menuliskan komentar, baik itu berupa pertanyaan atau hanya sekedar ucapan terima kasih atau rasa kagum. Pada kolom komentar, terdapat form untuk menulis nama, email dan alamat situs. Dan saya mengisi semua data tersebut setiap berkomentar (tergantung situsnya).
backlink untuk SEO

Tanpa sadar,  ternyata apa yang sudah saya lakukan adalah menaruh link kedalam situs yang saya kunjungi tersebut pada kolom komentar dan link tersebut ketika diklik akan langsung mengarah ke blog saya. Dan setelah saya mulai memperlajari tentang apa itu SEO, ternyata saya telah melakukan salah satu tekhnik SEO yakni SEO Off-Page dengan cara menanam backlink. Dan hal inilah yang akan kita bahas pada artikel teknik SEO Off Page kali ini.

Apa itu backlink ?

Backlink adalah sebuah link yang di pasang / ditanamkan pada berbagai website / situs lain dan mengarahkannya ke suatu situs website. Fungsi serta manfaat dari backlink adalah untuk  meningkatkan peringkat sebuah website pada mesin pencari dan juga mampu mengangkat popularitas situs blog yang tentunya akan menaikkan page rank (PR).


Jenis Backlink

Backlink terbagi  menjadi 2 kategori yaitu :
  • Reciprocal backlink
  • Oneway backlink 

Keduanya akan dijelaskan secara terperinci dibawah dan akan diterangkan juga tentang cara dan bagaimana penggunaannya agr bisa teroptimasi maksimal dan menjadi salah satu faktor SEO blog terbaik

Sementara untuk jenis dari backlink berdasarkan jenis referrelnya terbagi atas 2 (dua), yaitu dofollow dan nofollow backlink. Pada backlink ini sendiri lebih menekankan kepada pemilihan kualitas. Diman backlink dofollow tentunya lebih baik daripada link nofollow dimata mesin pencari. Jika Anda masih bingung mengenai kedua jenis dari backlink ini sendiri. Ada baiknya Anda membaca postingan dewaplokis sebelumnya tentang:

    1. Reciprocal Backlink

    Reciprocal Backlink atau Tautan balik timbal balik adalah perjanjian antara dua webmaster untuk memberikan hyperlink di dalam situs web mereka sendiri ke situs web masing-masing. Umumnya ini dilakukan untuk memberi pembaca akses cepat ke situs terkait, atau untuk menunjukkan kemitraan antara dua situs.
    Reciprocal Backlink - Backlink timbal balik


    Contoh reciprocal link atau backlink 2 arah yang dapat Anda dapatkan adalah :
    1. Direktori Submit. Directory Submission / direktori submit adalah salah satu strategi membangun tautan / backlink tertua yang diketahui komunitas internet. Ini melibatkan penyerahan informasi dasar tentang situs web Anda ke direktori internet pada situs direktori submit tersebut. 
    2. Tukar Link. Yang seperti ini mungkin sudah banyak yang menggunakannya. Tukar link merupakan salah satu cara paling efektif untuk menciptakan backlink berkualitas SEO. Namun dengan syarat bahwa situs yang diajak untuk bertukar link haruslah situs dengan tingkat spam yang sedikit. Karena tentunya ini juga akan bisa mempenagruhi situs Anda sendiri.

    2. One Way Backlink

    One way backlink adalah backlink dengan satu arah, yang mana hanya Anda yang menanamkan link ke situs / blog /  website yang memungkinkan untuk menanam url website Anda tanpa harus menyertakan tautan balik ke website tersebut. Beriku ini beberapa contoh penerapan One Way Backlink yang mungkin sudah / belum pernah Anda lakukan sebelumnya :

    1. Blog Comment. 
    Diawal tadi sudah saya jelaskan tentang pengalaman saya saat mulai menanam backlink pada sebuah blog dengan menggunakan kolom komentar. Pada kolom komentar, kita bisa memasang link dengan metode Anchor text. Dan tentu saja harus sesuai aturan agar tidak terjadi spamdexing. Untuk penggunaan Anchor text sebaiknya Anda membaca : Penggunaan Anchor Text Untuk Teknik SEO.

    2. Signature Forum
    Ada beberapa forum yang menyediakan fitur signature pada setiap kali Anda melakukan postingan, bertanya atau menjawab sesuatu pada forum tersebut. Dan pada fitur signature teresbeut, Anda bisa menggunakan link yang secara otomatis akan tercantum pada signature tersebut. Sayangnya disini saya tidak menuliskan list forum yang bisa digunakan untuk memasang signature link. Namun pasti akan saya buatkan artikel khusus untuk daftar backlink signature forum ini.

    3. Social Bookmark
    Atau Bookmark sosial adalah cara bagi orang untuk menyimpan, mengatur, mencari, dan mengelola "bookmark" halaman web. Pengguna menyimpan tautan ke halaman web yang mereka sukai atau ingin dibagikan, menggunakan situs bookmark sosial untuk menyimpan tautan / link tersebut. Bookmark ini biasanya bersifat publik, dan dapat dilihat oleh anggota situs lainnya di mana mereka menyimpan link tersebut. Contoh situs bookmark sosial termasuk del.icio.us dan digg.com.
    Sebenaranya, beberapa contoh diatas hanya saya jelaskan berdasarkan tipenya saja, dan saya sangat ingin untuk mencantumkan beberapa contoh langsungnya yang saya rasa akan sangat membantu Anda dalam membangun backlink berkualitas untuk situs / blog Anda.

    Dan saya yakin setelah membaca artikel ini, Anda sudah pasti bisa mengerti tentang beberapa bentuk / jenis baclink umum yang sering digunakan dalam penerapan SEO.

    Demikian Artikel teknik SEO kali ini tentang Apa itu Backlink dan Pengaruhnya teerhadap SEO. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
    Load Comments
    Disqus Codes
    • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
    • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
    • To write a underline letter please use <u></u>.
    • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
    • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
      And use parse tool below to easy get the style.
    Show Parse Box

    strong em u strike
    pre code pre code spoiler
    embed